Selasa, 02 Maret 2010

Aktif tidak selalu ADHD

Usia anak-anak adalah masa penuh keceriaan. Anak-anak belajar mengindentifikasi, meniru dan senang mencoba hal-hal baru yang ada di sekelilingnya. Persepsi orangtua terhadap anak seperti ini bisa salah, anak yang aktif dikiranya anak hiperaktif. Padahal ada gejala utama dikatakan hiperaktif meski anak terlihat tak bisa tenang dan lebih suka bergerak ataupun melakukan kegiatan tertentu. Anak yang aktif maupun hiperaktif memang kerap membuat orangtua kewalahan dan anak aktif belum tentu ADHD menjadi tidak sabar. Apalagi jika si kecil tak bisa duduk tenang dan selalu bergerak ke sana kemari.

Tapi betulkah anak Anda hiperaktif? Anak hiperaktif disebut juga Attention Defisit Hiperaktif Disorder (ADHD) atau Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH). Anak disebut mengalami ADHD atau hiperaktif jika si kecil tak mampu memusatkan perhatian, melakukan aktivitas berlebihan dan gejala ketiga adalah terdapat impulsivitas seperti mudah emosi dan marah. Anak yang tak pernah fokus pada satu kegiatan bahkan jika diberikan sebuah mainan maka dia akan cepat mengalihkan perhatian pada hal lain sebelum tugas atau permainan tersebut berakhir. Selain tak pernah bisa fokus, anak ADHD ini memiliki aktivitas berlebihan. Anak tak bisa diam dalam berbagai situasi. Jadi kalau anak tak bisa diam hanya pada keluarga tapi bisa tenang ketika di sekolah atau playgroup maka anak tak bisa disebut hiperaktif.

Jadi, anak yang hiperaktif tak hanya tak bisa diam jika hanya di rumah tapi juga dia akan aktif terus meski berada di tempat lain. Ketika di kelas, si hiperaktif selain mengikuti pelajaran tapi juga akan mengganggu teman-temannya sehingga kerap disebut anak nakal.

Gejala lainnya adalah anak juga lebih impulsif artinya murah marah dan emosi. Misalnya si anak berada dalam suasana permainan dia tak bisa toleran. Anak biasanya menjadi mudah melanggar aturan, parahnya lagi, jika anak hiperaktif tak mendapat terapi dini dan telat dikenali oleh orangtua dapat berkembang menjadi anak yang antisosial, nakal dan kerap berurusan dengan masalah kriminal.

Sumber : www.fajar.co.id/koran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar