Kamis, 18 Maret 2010

Karakteristik Cacat Mental

Anak-anak dengan keterbelakangan mental dapat belajar duduk, merangkak, atau berjalan lebih lambat dari anak-anak lain, atau mereka dapat belajar untuk berbicara nanti. Baik orang dewasa dan anak-anak dengan keterbelakangan mental mungkin juga menunjukkan karakteristik sebagai berikut:
  • Penundaan dalam pengembangan bahasa lisan
  • Defisit dalam memori keterampilan
  • Kesulitan belajar aturan-aturan sosial
  • Kesulitan dengan pemecahan masalah keterampilan
  • Penundaan dalam perkembangan perilaku adaptif seperti self-help atauperawatan diri keterampilan
  • Kurangnya inhibitor sosial
Keterbatasan fungsi kognitif akan menyebabkan seorang anak dengan keterbelakangan mental untuk belajar dan berkembang lebih lambat dari anak biasa. Anak-anak mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk belajar bahasa, mengembangkan keterampilan sosial, dan mengurus kebutuhan pribadi mereka, seperti pakaian atau makan. Belajar akan membawa mereka lebih lama, memerlukan lebih banyak pengulangan, dan keterampilan mungkin perlu disesuaikan dengan tingkat belajar mereka. Meskipun demikian, hampir setiap anak dapat belajar, mengembangkan dan menjadi anggota yang berpartisipasi masyarakat.

Pada anak usia dini keterbelakangan mental ringan (IQ 50-69) mungkin tidak jelas, dan mungkin tidak dapat diidentifikasi sampai anak-anak mulai sekolah. Bahkan ketika miskin prestasi akademik diakui, mungkin diperlukan untuk membedakan penilaian ahli keterbelakangan mental ringan dari ketidakmampuan belajar atau emosional / perilaku gangguan. Sebagai individu dengan keterbelakangan mental ringan mencapai dewasa, banyak belajar untuk hidup mandiri dan mempertahankan mendapatkan pekerjaan.

Moderat keterbelakangan mental (IQ 35-49) hampir selalu terlihat dalam tahun-tahun pertama kehidupan. Anak-anak dengan keterbelakangan mental moderat akan memerlukan cukup mendukung di sekolah, di rumah, dan dalam masyarakat untuk berpartisipasi secara penuh. Sebagai orang dewasa mereka dapat hidup dengan orangtua mereka, dalam mendukung rumah kelompok, atau bahkan semi-independen dengan layanan dukungan yang signifikan untuk membantu mereka, misalnya, mengelola keuangan mereka.

Seseorang dengan keterbelakangan mental yang lebih berat akan memerlukan lebih banyak dukungan dan pengawasan intensif nya seluruh hidupnya.

Sumber : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar